Liburan Murah Ke Singapura dengan Budget 1 Juta? Bisa!

Singapura Liburan Murah Singapore Traveling tips Things to do in Singapore

Percaya nggak kamu, bahwa kamu bisa menikmati jalan-jalan di Singapura hanya dengan budget 1 juta-an rupiah? Kedengarannya sulit dipercaya ya, apalagi kebanyakan orang mengenal Singapura sebagai negara yang serba mahal.

Nah, sekarang Passpod akan membuktikan ke kamu bahwa kamu bisa jalan-jalan di Singapura hanya dengan megang duit 1 juta-an rupiah, SEHARIAN. Simak dari awal sampai akhir ya, dijamin kamu akan langsung percaya dan jadi kepengen liburan di Singapura.

  1. Gunakan Transportasi Massal di Singapura

MRT Singapore EZ Link Singapore Tourist Pass LRT Bus Singapura
Mudahnya menggunakan transportasi umum di Singapura – via: asiawebdirect & redwiretimes

Ini nih, hal yang paling esensial alias paling penting ketika pergi ke Singapura! Berkat majunya infrastruktur transportasi di Singapura, kamu bisa pergi kemana-mana tanpa ribet dan nyaman dengan moda transportasi masal.

Dengan S$ 12 (±Rp 125 ribu), kamu bisa mendapatkan kartu EZ Link atau Singapore Tourist Pass untuk menaiki MRT, LRT, dan bus kota tanpa batas seharian. Ada juga paket Singapore Tourist Pass seharga S$16 yang bisa digunakan untuk 2 hari dan S$20 3 hari tanpa batas. Kartu ini dijual di halte-halte MRT, Bandara Changi, atau di convenient store seperti 7Eleven.

Lebih murah lagi apabila kamu pinjam kartu EZ Link teman atau keluarga yang sudah pernah pergi ke Singapura. Lalu kamu bisa isi ulang saldonya, jumlahnya dikira-kira sesuai kebutuhan perjalananmu. Apabila kamu membeli kartu EZ Link / Singapore Tourist Pass secara online, mereka juga menyediakan kombo EZ Link dengan tiket berbagai atraksi. Dijamin “menang banyak”!

  1. Cari Wisata Gratis di Singapura

haji lane changi airport singapore instagrammable tourist destination Singapura
Jalan umum atau bandara pun cantik untuk difoto – via irenesiah IG & changiairport IG

Tempat wisata yang gratis di Singapura tuh banyak lagi! Setiap sudut kota di Singapura terus dipercantik dan menjadi daya tarik wisatawan. Demi mempercantik galeri Instagram selama di Singapura, kamu tidak perlu merogoh kocek banyak-banyak, bahkan gratis!

Banyak spot wisata gratis di Singapura. Mulai dari yang paling basic seperti patung Merlion, sampai yang sedang ngehits seperti area Supertree Grove Gardens by the Bay atau Haji Lane. Bahkan, bandara Changi pun bisa jadi tempat untuk kamu bersenang-senang.

Ada juga spot yang sebenarnya tidak diperuntukkan sebagai objek wisata, namun sedang ngehits di kalangan millenials. Contohnya bangunan kantor warna-warni MCI Building atau Esplanade Bridge.

Baca Juga: “Kamu Traveler Newbie? Ini 7 Negara yang Wajib Kamu Datengin!”

Cari Tempat Makan Murah di Singapura

street food singapore chinatown chicken rice food hawker singapura
Street food di Singapura – via: huffingtonpost & flickr

Satu lagi nih hal penting bin krusial di setiap acara traveling. Normalnya, kamu bisa menghabiskan S$ 5 (±Rp 50 ribu) untuk sekali makan, tapi banyak kok street food hawker a.k.a tempat makan kaki lima di Singapura yang menawarkan harga lebih murah.

Semurah apa sih? Kamu bisa mendapatkan makanan seperti nasi lemak, chicken rice, atau aneka mie dengan harga S$ 2 (±Rp 20 ribu). Dimana cara dapetinnya? Makanan-makanan seperti ini banyak dijual pusat kios makanan kaki lima, seperti China Town Complex Food Centre, Tekka Center Little India, dan lain-lain.

Ingin lebih murah lagi? Carilah hostel yang juga menyediakan sarapan. Kalau perlu, bawalah botol minuman sendiri agar tidak usah membeli minuman di luar.

  1. Menginap di Hostel Singapura

hostel singapore room mate bunk bed singapura
Selain murah, menginap di hostel memberikanmu kenalan baru – via: booking & pexels

Apabila kamu menginap di hotel, rata-rata kamu perlu merogoh kocek lebih dari Rp 1 juta. Walaupun kamu bisa patungan dengan temanmu, tetap saja dong ongkosnya akan berat di hotel? Kalau dipikir, mending kamu keluarkan uangnya untuk keperluan lain nggak sih?

Setuju kan? Nah, kalau begitu lebih baik kamu menginap di hostel yang harganya sekitar Rp 200 ribu. Selain karena lebih murah, kamu bisa mendapatkan kenalan baru dalam kamar yang sama. Apabila kamu takut untuk tinggal satu kamar dengan orang baru, bolehlah kamu ajak temanmu untuk menginap di kamar hostel yang sama.

Selain itu, ada baiknya apabila kamu memilih penginapan yang dekat dengan stasiun atau halte. Itu semua demi kemudahan kamu selama perjalanan!

Baca Juga: “10 Tempat Menarik dan Instagrammable di Singapura”

Sewa Modem WiFi selama di Singapura

Modem WiFi Singapura Portable Wifi Passpod Singapore Travel
Sewa modem WiFi di Singapura lebih mudah dan murah – via lets.eatdiary IG & lennygogoo IG

Nah ini nih, rencana ngeksis selama di Singapura akan sia-sia apabila kamu tidak dibekali koneksi internet selama jalan-jalan. Bukan cuma soal ngeksis di sosmed aja sih, kamu juga perlu koneksi internet untuk mencari rute transportasi, tempat makan, tempat wisata, dan lain-lain. Bukan perlu lagi sih, tapi PERLU BANGET!

Daripada kamu ribet gonta-ganti SIM Card atau jadi fakir WiFi umum di Singapura, mending sewa modem WiFi aja. Selain kebutuhan internetmu terpenuhi, harganya lebih murah dan bisa kamu bawa kemana-mana!

Contohnya sewa modem yang termurah di Passpod, kamu bisa internetan di Singapura dengan Rp 45 ribu seharian. Dan lagi, satu modem Passpod bisa dikoneksikan sampai ke 5 perangkat secara bersamaan. Coba hitung deh tuh, apabila kamu patungan 5 orang untuk modem Passpod selama di Singapura. Jadinya tiap orang Rp 9 ribu/hari! Menang banyak, kan?!

Setelah memperhatikan hal-hal diatas, yuk kita hitung total pengeluaran untuk traveling ke Singapura!

Jenis Pengeluaran  Jumlah (Rp)
Pesawat Jakarta – Singapura PP               1,200,000
Biaya Hostel (2 hari 1 malam)                  200,000
Biaya Transportasi (2 hari)                  170,000
Biaya Makan 3x Sehari (2 hari)                  120,000
Biaya Sewa Passpod (2 hari)                    90,000
TOTAL               1,780,000

 

Nah, itu biaya selama 2 hari lho! Kalau kita breakdown lagi, berarti satu hari di Singapura hanya menghabiskan uang sekitar Rp 1 juta. Gimana? Sekarang udah percaya kan? Siapkan dulu itinerary yang lengkap dan detail, lalu tibalah waktu yang tepat untuk ajukan cuti agar bisa traveling ke Singapura!

Have a nice holiday! Jangan lupa, selain bawa passport, bawa juga Passpod-mu!

Leave a Reply